16 Februari 2008

KELUD.....Riwayatmu Kini....




Gunung Kelud merupakan salah satu gunung vulkanik aktif tidak berbahaya di Jawa Tmur dengan ketinggian lebih kurang 1.700 meter di atas permukaan laut. Gunung Kelud memiliki 4 puncak yaitu Puncak Kelud, Puncak Sumbing, Puncak Gajah Mungkur dan Puncak Gedang. Diantara kaki Puncak Kelud dengan ketiga puncak lainnya terdapat danau kawah seluas 12 hektar yang airnya mengandung belerang. Untuk bisa munuju danau kawah kita harus melewati Terowongan Ampera sepanjang 110 meter yang menembus Puncak Gajah Mungkur. Gunung Kelud berada di wilayah Kecamatan Ngancar, berjarak lebih kurang 30 km arah timur dari Kota Kediri terletak di kawasan perkebunan kopi dengan aneka flora pada lereng dan lembah di sepanjang menuju puncak Kelud.

Pada penghujung tahun 2007 Gunung Kelud dinyatakan meletus tepatnya pada 3 November 2007, setelah terjadi gempa tremor over schale pada pk 16:00 WIB. Namun letusannya tidak seperti gunung berapi pada umumnya yang memuntahkan lahar atau lava pijar. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan Gunung Kelud tak juga memuntahkan material vulkaniknya. Salah satunya dikarenakan kubah lava yang terbentuk akibat letusan 10 Februari 1990 lalu sangat besar sehingga gunung itu membutuhkan lebih banyak energi untuk menjebolnya. Meskipun ada kemungkinan volume magma yang mendesak ke permukaan terlalu kecil. Pada akhirnya, muncullah kubah lava yang membentuk anak Gunung Kelud. Kubah lava yang awalnya hanya berupa noktah hitam di tengah danau kawah yang disertai kepulan asap putih tebal, lalu dari hari ke hari noktah hitam itu semakin membesar dan terbentuklah gundukan besar yang dinamakan anak Gunung Kelud. Saat ini tinggi anak Gunung Kelud sudah mencapai 240 m dengan diameter 30 m, diperkirakan pertumbuhan anak Gunung Kelud mencapai 2,5 m setiap harinya.


Pemandangan kawah indah dengan danau hijaunya saat ini sudah tidak akan kita jumpai lagi. Semoga tidak menjadikan Gunung Kelud ditinggalkan oleh para wisatawan. Warga Kediri pun saat ini sudah harap-harap cemas, akankah letusan Gunung Kelud kali ini lebih dahsyat dari letusan sebelumnya??
I hope not.....but nobodys know....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

potonya asyik bos dapet dari mana ?

mariverika mengatakan...

ada yang hasil jepretan sendiri, ada juga yang searching di google...
buat melengkapi ceritanya ajah...

Anonim mengatakan...

belom pernah ke kelud euy....
nice blog. "mari menulis"